Ubah Kelistrikan Motor, Dari AC ke DC Cukup Jumper Plus Kiprok Spesial
Untuk yang doyan menambahkan aksesoris yang mengambil daya listrik ke sepeda motor, kelistrikan DC bisa mengobati gejala aki tekor.
Pemakaian listrik berlebih di motor, kudu
ditunjang kelistrikan yang bagus. Kalau tidak, aki tekor. Karena beban
listrik yang dipakai lebih besar dibanding suplai pengisian.
HokieDokie, salah satu bengkel kelistrikan
di Kp. Buaran Jaya, RT 05/8, Bekasi, Jawa Barat punya cara mengatasi
kendala ini. Yakni, ubah sistem kelistrikan motor dari AC jadi DC.
Dengan cara ini, arus AC yang tadinya ke
lampu utama, dialihkan/diubah sepenuhnya jadi arus pengisian ke aki.
Sehingga, kapasitas arus pengisian ke aki otomatis makin besar.
Awalnya, bengkel ini bermain di audio
motor yang butuh suplai listrik besar. Sedangkan kemampuan listrik yang
dipakai, standar pabrikan. Hal itu jadi latar belakangi Kamari alias
Ari, sang owner, meniru persis kelistrikan DC di Honda Tiger.
Coba praktek di Yamaha Nouvo yang
standarnya AC menjadi DC ya! Langkah awal, Ari menunjukkan input arus
yang di hasilkan kiprok standar dari Nouvo, di alat multitester,
terlihat arus yang masuk dari kiprok sebesar 3,218 A pada rpm idle.
Kini, bodi sebelah kanan dibuka untuk
mengubah jalur pengisian menjadi DC. Kabel warna hitam pada soket dari
sepul dicopot, lalu dibungkus isolator untuk dinonaktifkan. Trus, kabel
warna kuning pada soket yang menuju kiprok juga dilepas dan dimatikan.
Gantinya, terminal bekas kabel hitam di
soket yang dari sepul tadi disambungkan kabel baru ke bekas terminal
kabel kuning pada soket yang menuju kiprok.
Kelar itu, tinggal pasang kiprok DC yang
telah diubah soketnya menyesuaikan spesifikasi motor-motor di Indonesia.
“Kiprok import dari salah satu vendor pabrikan motor di Korea. Jadi,
bukan rakitan. Kami berani kasih garansi 1 tahun,” tutur pria beranak
satu itu.
Usai kiprok terpasang, giliran ubah jalur
kabel lampu depan pada soketnya yang ada di dalam batok lampu. Cari
kabel kuning pada soket lampu, lalu jumper pakai kabel ke soket kunci
kontak yang berwarna cokelat. Selesai!
Sekarang mari ukur input yang dihasilkan
kiprok DC produk bengkel kelistrikan HokieDokie ini. Di multitester,
arus terukur 6,86 A pada putaran idle. Artinya, lebih besar 3,642 A dari
kiprok standar.
Oh iya. Kiprok DC yang dipakai bengkel
kelistrikan yang telah punya 3 cabang di Bekasi, Ciledug dan Semarang
ini, diklaim punya keunggulan. “Tahan air dan getaran. Max voltage
output sampai 14,8 V dengan toleransi 10%, serta mampu handle beban
listrik sampai 12 A
0 Response to "Ubah Kelistrikan Motor, Dari AC ke DC "
Posting Komentar