Rangkaian klackson pakai 2 relay adalah rangkaian yang apling bagus dalam mobil maupun motor ataupun sejenis nya dan ini paling dicarai oleh banyak pihak.
Mungkin berguna buat rekan2
Banyak
diantara kita yang kurang puas dengan suara klakson bawaan motor/mobil
yang kurang keras/lantang, atau juga lampu standar yang kurang terang
atau berdaya kecil.
Di toko
partshop atau asesoris otomotif, banyak dijual klakson aftermarket yang
suaranya bagus seperti Fiam, Hella, bosch, PIAA, Wolo, Hadley, fer, dsb.
Klakson
tersebut membutuhkan daya yang cukup besar, sayangnya kabel yang
terpasang pada klakson standar bawaan motor/mobil tidak dapat
mengakomodasi kebutuhan daya tersebut.
Malah
bisa jadi saklar klakson tersebut akan cepat rusak karena setiap kali
ditekan, akan mengeluarkan percik api pada metal contact didalamnya yang
lama kelamaan akan aus, bahkan plastik case nya akan meleleh.
Begitu juga dengan pemasangan lampu yang berdaya lebih besar, akan berkasus sama dengan kasus di atas.
Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kita membutuhkan bantuan komponen tambahan yaitu relay.
Relay
adalah suatu komponen yang digunakan sebagai saklar penghubung/pemutus
untuk arus beban yang cukup besar, dikontrol oleh sinyal listrik dengan
arus yang kecil.
Dengan
menggunakan relay, kabel yang menuju saklar tidak perlu kabel yang
tebal, sebab arus yang terhubung ke saklar sangatlah kecil.
Banyak relay yang beredar di partshop, ada berbagai merek seperti Hella, Bosch, Omron, dsb, … dan banyak pula yang dipalsu.
Saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan relay bermerek BOSCH yang asli, begitu juga dengan socket relaynya.
Berikut komponen yang diperlukan untuk project ini..
- Socket Relay merek Bosch + terminal konektornya
- Relay Bosch 4 kaki tipe “0 332 019 453”
- Fuse Box (kotak sikring) + terminal konektornya
- Fuse / Sikring yang disesuaikan dengan beban arusnya .. misalnya 10 Ampere.
- Kabel tebal serabut diameter 5mm
- Terminal Ring 10mm.
Cara Pasang..
Ada 2 macam sistem pelistrikan untuk Klakson atau Lampu, yaitu yang dikontrol oleh tegangan positif dan tegangan negatif.
Biasanya
sistem yang dikontrol oleh tegangan Negatif menggunakan 2 kabel. Dimana
satu kabel untuk ke positif dan satu lagi ke saklar pengontrol.
Sistem
yang dikontrol oleh tegangan Positif, biasanya menggunakan 1 kabel saja
dari saklar pengontrol. Kabel satunya lagi mengambil negatif dari
ground atau body.
NEGATIVE SYSTEM:
Gambar di atas memperlihatkan rangkaian klakson dengan sistem Negative.
Untuk pemasangannya lihat gambar di bawah:
Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu).
Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang).
Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A)
Kaki Relay nomor 86 menuju salah satu Kabel klakson (B)
Pemasangan kabel dari kaki 85 dan 86 boleh terbolak balik polaritasnya.
Dikarenakan
adanya perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay yang ada,
harap perhatikan NOMOR kakinya, sebelum memasang!
POSITIVE SYSTEM:
Gambar di bawah memperlihatkan kabel standar yang menuju klakson dipotong.
Untuk bagian yang atas kita beri kode A, dan bagian yang menuju klakson kita beri kode B.
Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu).
Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang).
Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A)
Kaki Relay nomor 86 dihubungkan ke body mobil/motor (negatif/ground).
Dikarenakan
adanya perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay yang ada,
harap perhatikan NOMOR kakinya, sebelum memasang!
Nah.. semoga penjelasan di atas bisa mudah dimengerti, dan rekan-rekan bisa pasang sendiri klakson barunya.
Rangkaian di atas sama penerapannya untuk pemasangan lampu tambahan atau merubah lampu ke daya yang lebih besar.
Manfaat yang didapat dengan menggunakan rangkaian relay ini adalah:
- klakson akan bersuara lebih keras/lantang atau lampu akan menyala lebih terang.
- saklar klakson / lampu akan lebih awet.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Response to " rangkaian klakson dengan relay "
Posting Komentar